Peringati Idul Adha 1439 H, BPK Perwakilan Provinsi Jateng Menggelar Sholat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Qurban.

SEMARANG- “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah. Sungguh orang-orang yang membencimu, dialah yang terputus.” Demikian  Ustad Dahlan mengutip arti Surat Al-Kautsar (Q.S. 108; 01-03) saat menjadi khatib Sholat Idul Adha 1439 H di BPK Perwakilan Provinsi Jateng pada Rabu (22/08) kemarin. Sholat yang dimulai sekira pukul 6.30 WIB tersebut dilaksanakan di area halaman parkir Masjid Baitul Hasib.

Sholat Idul Adha di kantor tersebut merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan para pegawai dan keluarga besar BPK Perwakilan Provinsi Jateng untuk menyemarakkan peringatan Idul Adha 1439 H. Turut dalam pelaksanaan sholat tersebut, Kepala Perwakilan (Kalan) BPK Provinsi Jateng Hery Subowo beserta keluarga dan Kepala Sekretariat Perwakilan (Kasetlan) BPK Provinsi Jateng Sidik Sardjoko. Sholat tersebut juga diramaikan oleh hadirnya para warga yang bertempat tinggal di lingkungan sekitar kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng.

Dalam khutbahnya Ustad Dahlan menyampaikan, Idul Adha merupakan momentum untuk mengingat kembali kisah agung Nabi Ibrahim dan keluarganya, khususnya kisah ketika Nabi Ibrahim mendapatkan wahyu untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail. Dalam kisah mashur itu, Tuhan akhirnya memerintahkan Nabi Ibrahim menyembelih seekor domba sebagai pengganti Ismail, yang kemudian diperingati setiap tahun dengan penyembelihan hewan qurban.

Kepada para jamaah, Ustad Dahlan mengajak untuk merenungkan dan mengambil pelajaran dari kisah Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, serta Siti Hajar. Menurut Ustad Dahlan, kisah Nabi Ibrahim sangat penuh dengan teladan dan pelajaran hidup. “Mari jadikan peringatan Idul Adha momentum untuk belajar meneladani keteguhan iman, kesabaran, dan keiklasan Ibrahim alaihissalam dan keluarganya dalam menjalankan setiap perintah Alloh,” kata Ustad Dahlan.

Penyembelihan Hewan Kurban

Selain mengadakan sholat idul adha, para pegawai dan keluarga besar BPK Perwakilan Provinsi Jateng juga melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Penyembelihan hewan qurban dilakukan di kantor BPK Perwakilan Provinsi Jateng pada Kamis (23/08). Pada Idul Adha 1439 H ini, para pegawai dan keluarga besar BPK Perwakilan Provinsi Jateng menyembelih empat ekor sapi.

Dalam sambutannya, Kalan BPK Provinsi Jateng Hery Subowo mengatakan bahwa ibadah qurban tak hanya menekankan aspek ritual, melainkan juga sarat dengan ajaran berdimensi sosial. “Ibadah qurban mendidik untuk meningkatkan rasa cinta dan syukur kepada Tuhan, sekaligus mengajar kita untuk semakin peduli dan suka berbagi kepada sesama manusia,” katanya.

Sebelum dilakukan penyembelihan binatang qurban, terlebih dulu dilakukan serah terima binatang qurban secara simbolis dari sohibul qurban (orang yang melaksanakan qurban) kepada panitia. Serah terima dilakukan oleh Kalan BPK Provinsi Jateng Hery Subowo, yang kebetulan merupakan salah satu sohibul qurban kepada Ketua Panitia Peringatan Idul Adha, Makmun Fuad.

Pembagian dan pendistribusian daging dilakukan oleh para pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jateng. Daging binatang qurban hasil sembelihan dibagikan kepada para pegawai dan masyarakat di lingkungan kantor. Selain kepada para pegawai dan masyarakat sekitar kantor, daging binatang qurban juga diserahkan ke beberapa pondok pesantren (Ponpes) dan panti asuhan (PA), antara lain: PA Darul Muhajirin Gunung Pati, Ponpes Darul Quro Gunung Pati, Ponpes Tarbiyatul Khasanah Tembalang, Ponpes Darut Taqwa Meteseh, dan Ponpes Ulul Albab. (*_*)