Sambut Kunjungan Mahasiswa Ecofinsc Undip, BPK Gelar Sosialisasi

SEMARANG – Jumat (18/11/2022) BPK Jateng kembali menggelar acara sosialisasi ke-BPK-an dalam rangka menyambut kunjungan mahasiswa ECOFINSC UNDIP, Semarang. Rombongan mahasiswa disambut oleh tim Humas sekira pukul 08.00 WIB di lobby kantor, dan langsung diperkenalkan dengan lingkungan Kantor BPK Perwakilan Jateng dengan berkeliling mengunjungi fasilitas yang dimiliki kantor perwakilan (office tour), antara lain perpustakaan yang dapat diakses oleh mahasiswa sebagai salah satu referensi dalam mencari bahan penelitian, serta Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK) sebagai tempat menerima mahasiswa, masyarakat dan organisasi masyarakat, media dan pihak lainnya yang berkunjung ke BPK. Selagi melihat berbagai fasilitas kantor, peserta juga mendapat penjelasan mengenai budaya kerja di BPK Jateng yang dikenal dengan motto “Jogo Konco”. Jogo konco mencakup tiga prilaku yaitu Jogo Rogo, Jogo Roso, dan Jogo Toto. Penerapan budaya kerja Jogo Konco ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kerja pegawai yang berdampak pada peningkatan kinerja BPK Jateng secara keseluruhan.


Kunjungan studi dari lingkungan akademisi merupakan kesempatan bagi BPK Jateng untuk memperkenalkan BPK sebagai sebuah Lembaga Negara yang berwenang memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan Negara. Hal tersebut disampaikan Kepala Sekretariat Perwakilan, Setyo Esti Agustini dalam menyambut peserta. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Kelas Lantai 1 BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah ini merupakan salah satu contoh komitmen BPK Jateng dalam mendukung program public awareness BPK.
Menanggapi apa yang disampaikan Kepala Sekretariat Perwakilan, Dosen sekaligus Pembina ECOFINSC, Wisnu Mawardi mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa. Wisnu berharap, mahasiswa dapat memperoleh ilmu dan wawasan melalui kegiatan tersebut. Bahkan ada kelanjutan kerja sama dalam bidang akademis dengan BPK seperti penelitian, magang, dan company visit. Hal ini dikatakan Wisnu karena sebelum acara dimulai, Ia telah berkunjung ke ruang Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK) BPK Jateng yang ternyata dapat melayani kebutuhan akademis baik dalam pengajuan ijin penelitian, magang, permohonan informasi, dan lain sebagainya.


Selanjutnya, sosialisasi ke-BPK-an disampaikan oleh Kepala Subbagian Humas, Siti R. Arifah. Selain memperkenalkan kelembagaan BPK, dengan bangga Siti mengungkapkan keunggulan-keunggulan dan prestasi BPK di kancah internasional. Siti juga menunjukkan beberapa dokumentasi bagaimana pemeriksa BPK saat bekerja di lapangan seperti saat cek fisik pembangunan jalan, gedung, jembatan. Ada juga foto-foto dokumentasi yang menunjukkan tim sedang melakukan pemeriksaan tempat pembuangan akhir sampah, mengecek lampu-lampu penerangan jalan, dan lain-lain. Tak sedikit mahasiswa yang menunjukkan ekspresi kagum dan tertarik untuk bekerja di BPK. Pada sesi tanya jawab yang dipandu moderator, Setyawan, beberapa peserta bahkan menanyakan syarat-syarat agar bisa magang di BPK serta apa saja persyaratan untuk bisa mengikuti seleksi pegawai di BPK.


Selain pemaparan materi dan tanya jawab, acara sosialisasi juga dimeriahkan dengan kuis Kahoot yang dipandu oleh tim humas dan spontan disambut meriah peserta. Acara diakhiri dengan penyerahan souvenir kepada pemenang kuis, serah terima plakat, serta foto bersama.