IN HOUSE TRAINING KOMUNIKASI DAN PRESENTASI

img_0993
Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor sentral dalam suatu organisasi. Apapun bentuk serta tujuannya, organisasi dibuat berdasarkan berbagai visi untuk kepentingan manusia dan dalam pelaksanaan misinya dikelola serta diurus oleh manusia. Manusia adalah makhluk sangat komunikatif dan komunikasi adalah suatu hal yang sangat penting dalam kegiatan sehari-hari. Badan Pemeriksa Keuangan sebagai salah satu lembaga tinggi negara yang mempunyai suatu tatanan organisasi yang telah terbentuk sebelumnya. Sumber daya manusia merupakan salah satu penunjang dalam tiap-tiap unsur organisasi tersebut. Sumber daya manusia harus saling bekerja sama agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai secara maksimal. Komunikasi dan presentasi merupakan media yang sering digunakan dalam kegiatan pekerjaan pada BPK RI. Seringkali ditemukan adanya hambatan-hambatan dalam komunikasi dan presentasi yang baik, benar, dan efektif sehingga tujuan organisasi kurang tercapai secara maksimal. Oleh karena itu, sumber daya manusia harus memiliki pengetahuan tentang komunikasi dan presentasi yang baik, benar, dan efektif sehingga hambatan-hambatan tersebut dapat diminimalkan. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para pegawai di lingkungan BPK-RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah terutama di bidang komunikasi dan presentasi, perlu diberikan tambahan pengetahuan melalui in house training Komunikasi dan Presentasi. In House Training Komunikasi dan Presentasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang komunikasi dan presentasi, serta sebagai sarana untuk memberi bekal pengetahuan, ketrampilan dan keahlian di bidang Komunikasi/Public Speaking dan Presentasi, sehingga diharapkan para peserta dapat berkomunikasi yang baik, membangun Kepercayaan Diri dan mempengaruhi serta meyakinkan publik. Kegiatan in house training ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari kerja atau 27 jam pelajaran yang dimulai pada hari Selasa s.d. Kamis tanggal 30 Maret s.d. 1 April 2010. Bertempat di Hotel Semesta, Jalan K.H. Wahid Hasyim Nomor 125-127 Semarang, kegiatan yang diprakarsai oleh Kepala Sub Bagian SDM Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Gempur Widya Tjahya Laksana ini, diikuti oleh para pegawai (Auditor dan unsur penunjang) di lingkungan BPK-RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah di Semarang sebanyak 40 orang (1 kelas). Keikutsertaan para peserta in house training ini ditetapkan dengan Instruksi Dinas Kepala BPK-RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah No. 03/ID/XVIII.SMG/03/2010 tanggal 29 Maret 2010. Materi yang dibahas atau diajarkan dalam in house training ini adalah materi yang mencakup: Pengertian Ilmu Komunikasi; Pengertian Komunikasi Intra dan Antar Pesona serta Komunikasi Antar Budaya beserta penerapannya di lingkungan BPK-RI; Bicara Lebih Baik dan Lebih Jelas; Teknik dan Teori Dasar Komunikasi Antar Pribadi serta Seni Komunikasi dengan Atasan Bawahan serta Mitra Bisnis; Modal Dasar Bicara Yang Baik dan Berhasil; Tips dan Triks Bicara Yang Sukses dan Memukau; Pemberian Pilihan Suasana Untuk Public Speaking dan Latihan Membuat Teks Pidato; Praktek Awal Berkomunikasi: Praktek Bicara di Depan Kelas; Teori Dasar Public Speaking; Mengenal Berbagai Jenis Public Speaking; Mempersiapkan Sebuah Public Speaking; Pengantar dan Teori Presentasi Yang Baik serta Berbagai Hal Yang Harus Dipersiapkan Saat Akan Melakukan Presentasi; Praktek Presentasi Perseorangan Yang Baik dan Ideal; Teknik Membuat Materi Presentasi Yang Baik; Teori Public Speaking Lewat Televisi Dalam Dialog Khusus/Trik dan Teknik Menghadapi Wawancara di Televisi; Teknik dan Teori Master of Ceremony (MC); Teknik dan Latihan Membuat Susunan Acara dan Q Card Untuk Dibacakan oleh MC Sekaligus Mempersiapkan Penyelenggaraan Sebuah Acara; Praktek MC Dalam Berbagai Kegiatan Acara dengan Menggunakan Susunan Acara Dalam Bentuk Q Card. Strategi pelaksanaan In House Training ini merujuk pada pendekatan partisipatif yang menuntut partisipasi maksimal dari para peserta dan instruktur dengan pengajaran meliputi Penyajian konsep-konsep pokok yang diperlukan dalam bentuk paparan melalui slide (transparansi) untuk masing-masing aspek kajian; Pengungkapan dan pembahasan masalah aktual dan faktual yang berkaitan dengan permasalahan masing-masing bidang kajian dengan tanya jawab dan diskusi; Evaluasi untuk mengukur kemampuan para peserta selama mengikuti in house training. Materi in house training ini disampaikan oleh para praktisi dan ahli dalam bidang komunikasi dan presentasi dari INDONESIACHANNELS Jakarta yakni Eman Sulaeman Nasim selaku Instruktur dan Pramumahatma selaku asisten instruktur. Di akhir pelaksanaan in house training dilakukan pengumuman bagi peserta terbaik. Terpilih sebagai peserta terbaik, Athur Saragih dan Muhibul Hafidin sebagai peserta harapan masa depan. Menuruteserta kegiatan ini sangat bermanfaat. Ke depannya diharapkan pelaksanaan in house training serupa dapat lebih dikembangkan terutama materi pembelajarannya, mengingat masih banyak cakupan-cakupan materi yang berkaitan dengan tugas pemeriksaan dan tugas kesekretariatan yang lebih detail untuk diberikan pembelajaran bagi para pegawai baik para Auditor maupun pegawai unsur penunjang baik pada tahapan teori maupun aplikasinya/praktek.