Rabu (09/02/22) kemarin, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah (BPK Jateng) menerima Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Tahun Anggaran (TA) 2021 dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal. LKPD Unaudited tersebut diserahkan oleh Bupati Kendal Dico M. Ganinduto kepada Kepala Perwakilan (Kalan) BPK Jateng Ayub Amali. Penyerahan LKPD Unaudited Kabupaten Kendal dilaksanakan di ruang pertemuan lantai 1 gedung kantor BPK Jateng.
Prosesi penyerahan LKPD Kabupaten Kendal Unaudited TA 2021 diawali dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) oleh Bupati Kendal dan Kalan BPK Jateng. Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Moh. Toha, Inspektur Kabupaten Kendal Sugeng Prayitno, dan Kepala Bakeuda Kabupaten Kendal Agus Dwi Lestari. Hadir pula mendampingi Kalan BPK Jateng, Kepala Subauditorat Jateng II Argo Waskito dan Kepala Subauditorat Jateng IV Lilik Hartomo.
Pemkab Kendal merupakan pemkab pertama yang menyerahkan LKPD Unaudited TA 2021 kepada BPK Jateng. Kalan BPK Jateng Ayub Amali mengapresiasi capaian ini dengan sangat baik. “Selamat atas kecepatan dalam menyerahkan laporan keuangan, semoga hasilnya juga baik,” kata Ayub.
Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengamini pernyataan Kalan BPK Jateng tersebut. Dico mengharapkan pemeriksaan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta opini WTP yang sudah diraih selama lima tahun berturut-turut dapat dipertahankan. Dico juga menjelaskan bahwa Pemkab Kendal berusaha menyampaikan LKPD Unaudited dengan segera agar pelaksanaan anggaran selanjutnya, seperti proses perubahan anggaran, dapat dilaksanakan lebih cepat dan lancar. “Jika pekerjaan dapat lebih cepat diselesaikan, kenapa harus diundur,” ujarnya.
Setelah LKPD Unaudited diserahkan, pemeriksaan terinci atas LKPD Kabupaten Kendal akan segera dilaksanakan. Kalan BPK Jateng Ayub Amali berharap agar komunikasi tim pemeriksa dan Pemkab Kendal berjalan dengan baik, sehingga proses pemeriksaan berjalan lancar. Bupati Kendal Dico M. Ganinduto pun menyatakan bahwa pihaknya siap mendukung kelancaraan proses pemeriksaan.