BPK Goes to School di SMAN 1 Semarang

DSC_0491 - CopySemarang, 15 Maret 2016 – BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan BPK Goes to School yang diselenggarakan pada Selasa, 15 Maret 2016 di ruang Aula Besar SMAN 1 Semarang. Kegiatan yang diikuti oleh sebanyak 504 siswa kelas X SMAN 1 Semarang tersebut mengambil tema “Mengenal Lebih Dekat BPK”. Selain para siswa, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Sekolah dan beberapa guru SMAN 1 Semarang serta perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Semarang. Melalui kegiatan ini, diharapkan kalangan siswa SMA memperoleh pemahaman mengenai tugas, fungsi dan peranan BPK dalam keuangan Negara sehingga dapat bersama-sama mengawal pengelolaan keuangan Negara yang transparan dan akuntabel. Selain itu, pelajar merupakan generasi penerus bangsa, sehingga diharapkan akan menjadi pilar perubahan di masa depan, termasuk dalam pengelolaan keuangan Negara.

 Sebelum acara dimulai, para siswa diberi kesempatan untuk mengungkapkan ekspresi mereka masing-masing mengenai BPK pada media corat-coret yang telah disediakan. Acara dibuka oleh Kepala SMAN 1 Semarang, Kastri Wahyuni. Pembicara utama acara tersebut adalah Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Hery Subowo. Dalam menyampaikan materi, Hery Subowo mengemasnya secara menarik melalui metode diskusi interaktif, slide presentasi, dan penayangan video pendek. Materi yang disampaikan antara lain: fungsi dan kedudukan BPK, Indeks Persepsi Korupsi di Indonesia, urgensi BPK dalam pengelolaan keuangan Negara, jenis-jenis pemeriksaan/audit BPK, serta mitra kerja BPK dan hubungan BPK dengan Aparat Penegak Hukum (APH).
Kegiatan BPK Goes to School di SMAN 1 Semarang berjalan dengan baik serta antusiasme para siswa yang tinggi untuk bertanya berbagai hal tentang BPK.