Tangkap Belut Meriahkan Peringatan HUT ke-76 BPK

Memeriahkan peringatan HUT ke-76 BPK RI, BPK Provinsi Jawa Tengah (BPK Jateng) menggelar acara Gathering Pegawai BPK Jateng pada Jumat (06/01) kemarin. Acara yang dihadiri hampir seluruh pegawai BPK Jateng itu dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan (Kalan) BPK Jateng Hari Wiwoho. Dimulai sekira pukul 07.30 WIB, rangkaian acara gathering pegawai tersebut dibuka dengan senam pagi bersama di area parkir  barat Masjid Baitul Hasib (MBH) BPK Jateng.

Saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara, Kalan BPK Jateng Hari Wiwoho menjelaskan, acara gathering tersebut memang direncakan mendadak. Menurut Hari Wiwoho, beberapa hari sebelumnya, BPK Jateng memang masih disibukkan dengan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang dilaksanakan pada Semester II Tahun 2022. Sementara minggu depan, para pemeriksa sudah harus mengikuti Diklat terkait Pemeriksaan atas LKPD TA 2022 dan kemudian segera berangkat pemeriksaan lagi. “Karena itu kami memutuskan agar gathering dilaksanakan pada hari Jumat ini,” jelasnya.

Meski acara tersebut direncanakan dan dilaksanakan secara dadakan, Kalan menghimbau para pegawai tetap antusias mengikuti setiap rangkaian acara yang ada. Kepada para pegawai, Kalan juga berpesan agar mereka mengikuti setiap permainan (game) yang diadakan dengan gembira, tanpa terlalu memikirkan nilai hadiahnya. “Sebenarnya rencananya kemarin, doorprize kita hari ini mobil merk ******. Tp karena waktunya mepet, dan untuk dapat mobil itu perlu inden, terpaksa hari ini kita ganti doorprize-nya dengan yang lain dulu,” kata Hari disambut tawa para pegawai.

Aneka Permainan

Acara Gathering Pegawai BPK Jateng diramaikan dengan aneka lomba dan permainan (fun game) yang juga digelar di area parkir barat MBH BPK Jateng. Terdapat tujuh fun game yang diadakan untuk memeriahkan acara gathering, yaitu: estafet gambar, tebak kata, estafet kelereng sendok, pensil botol, makan kerupuk, joget balon, dan tangkap belut. Dalam aneka permainan tersebut, dibentuk enam tim yang terdiri dari dua sampai enam orang dari masing-masing subauditorat, Tim Setlan, serta Tim OB dan PTT.

Pada permainan estafet gambar, setiap tim diharuskan menggambar di punggung rekan setimnya secara berantai. Pemain paling belakang memperoleh petunjuk kata benda yang harus digambar sedangkan pemain terakhir, yang berdiri paling depan, bertugas menyebutkan nama benda yang ditugaskan untuk digambar. Pada permainan ini, Tim OB dan PTT berhasil menjadi juara.

Dalam permainan tebak kata, seorang anggota tim bertugas memperagakan gerakan berdasarkan petunjuk kata dari panitia. Adapun rekan-rekan setimnya yang lain bertugas untuk menebak kata berdasar gerakan yang diperagakan. Tim Sekretariat berhasil menjadi juara dalam permainan tersebut.

Pensil botol adalah permainan memasukkan pensil ke dalam mulut botol. Dalam permainan ini, terdapat pensil yang terikat tergantung di pusat lingkaran para anggota tim yang berdiri saling membelakangi. Pensil tersebut tergantung pada tali, seolah menjadi pusat dari roda temali yang setiap ujungnya terikat di tubuh setiap anggota tim, sehigga setiap gerakan satu anggota tim akan berdampak pada gerakan pensil. Permainan ini dimenangkan oleh Tim Jateng 2.

Estafet kelereng sendok adalah adu cepat membawa kelereng dengan sendok yang digigit oleh setiap anggota tim sambil berjalan secara estafet. Permainan ini juga dimenangkan oleh Tim Jateng 2.

Dalam permainan Joget balon, tim yang terdiri dari dua orang berpasangan, diharuskan berjalan menempuh jarak tertentu sambil menjepit balon di punggung mereka. Dalam perjalanan tersebut, setiap kali diputar musik, mereka harus berhenti jalan dan bergoyang dengan tetap menjepit balon. Tim OB dan PTT berhasil memenangkan permainan tersebut. Tim OB dan PTT juga menjadi juara dalam lomba makan kerupuk.

Serunya Tangkap Belut

Puncak kemeriahan acara gathering terjadi saat lomba tangkap belut. Lomba ini diikuti tim yang masing-masing terdiri dari tiga orang pegawai perempuan. Setiap tim beradu cepat menangkap sebanyak-banyaknya belut dalam durasi waktu tertentu. Dalam lomba ini, Tim Jateng 3 berhasil menjadi juara.

Uniknya, penentuan juara III pada lomba tangkap belut harus diulang sampai tiga kali karena jumlah tangkapan belut yang selalu sama dari Tim OB dan PTT dan Tim Jateng 1. Setelah dua kali tanding ulang dengan hasil seri, pada pertandingan kali ketiga, Tim Jateng 1 berhasil memastikan kemenangan dan menjadi juara 3 dalam lomba tangkap belut.

Meski digelar sederhana dalam udara cerah bahkan cenderung terik, acara gathering berlangsung meriah. Rangkaian acara gathering memeriahkan peringatan HUT ke-76 BPK tersebut berakhir jelang tengah hari. (*_*)